Paspor dan Visa Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Admin,
20 Januari 2022 - 19:27

Sebelum mengajukan visa ke negara tujuan, sebaiknya simpan paspor dengan baik di tempat aman. Dua dokumen tersebut memiliki nilai tinggi. Di beberapa negara, sekelompok kriminal internasional mencopet paspor dan menganggapnya lebih berharga dari mata uang.

Lantas mereka menukarnya dengan uang dan melakukan kegiatan ilegal lainnya. Oleh sebab itu, Anda harus menjaganya dengan aman terutama setelah melewati pemeriksaan. Tapi apabila berkas penting itu hilang, apa yang harus dilakukan?

  • Segera melapor kehilangan

Jika kehilangan paspor sebelum pergi ke luar negeri haruslah melapor kasus ini ke otoritas keamanan atau kantor yang menerbitkan. Kemudian berikan keterangan terperinci, meliputi waktu, tempat serta informasi dasar (nama, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor dan lain sebagainya).

Akan tetapi jika kehilangan di luar negeri, segera melapor kasus ini ke keamanan publik setempat dan selesaikan prosedur pendaftaran dengan terperinci. Secara bersamaan juga pergi ke kedutaan atau konsulat terdekat sesegera mungkin untuk membuat laporan dan mengajukan permohonan ulang.

Untuk mencegah kehilangan, ada baiknya membuat versi kopi semua halaman, kemudian simpan dengan baik. Persiapan ini memudahkan dan memberikan bantuan apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Penggantian

Setelah mendapatkan baru, pertama kali yang harus dilakukan yakni menyimpan baik-baik. Jika ada beberapa poin yang salah atau patut dipertanyakan, maka segaralah meminta staf terkait untuk mengoreksi kembali.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Anda harus membawa paspor dan materi kredensial ke kedutaan atau konsulat negara. Saat memeproleh visa, barulah bisa melanjutkan penerbangan selanjutnya.

 

Oleh sebab itu, simpan paspor dan visa dengan baik-baik agar tidak kehilangan. Selamat bekerja! 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp